Yang Membedakan Mikroprosesor Dan Mikrokontroller

Yang Membedakan Mikroprosesor Dan Mikrokontroller
Peranan mikroprosesor ataupun mikrokontroller dalam dunia elektronika sudah tidak asing lagi, komponen ini sanagat berguna untuk membuat sebuah proyek elektronika dalam bidang penyaklaran otomatis yang bisa diprogram. Tapi terdapat perbedaan antara keduanya yang sama sekali tidak terlihat jelas perbedannya.



Dari pengertian juga udah berbeda antara mikroprosesor dan mikrokontroller. Menurut wikipedia Mikroprosesor adalah sebuah central processing unit (CPU) elektronik komputer yang terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya di atas sebuah sirkuit terintegrasi semikonduktor.

Baca Selengkapnya!



Sebelum berkembangnya mikroprosesor, CPU elektronik terbuat dari sirkuit terintegrasi TTL terpisah; sebelumnya, transistor individual; sebelumnya lagi, dari tabung vakum. Bahkan telah ada desain untuk mesin komputer sederhana atas dasar bagian mekanik seperti gear, shaft, lever, Tinkertoy, dll.

Evolusi dari mikroprosesor telah diketahui mengikuti Hukum Moore yang merupakan peningkatan performa dari tahun ke tahun. Teori ini merumuskan bahwa daya penghitungan akan berlipat ganda setiap 18 bulan, sebuah proses yang benar terjadi sejak awal 1970-an; sebuah kejutan bagi orang-orang yang berhubungan. Dari awal sebagai driver dalam kalkulator, perkembangan kekuatan telah menuju ke dominasi mikroprosesor di berbagai jenis komputer; setiap sistem dari mainframe terbesar sampai ke komputer pegang terkecil sekarang menggunakan mikroprosesor sebagai pusatnya. Sedangkan Mikrokontroller Adalah sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip. Mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang digunakan dalam sebuah PC, karena di dalam sebuah mikrokontroler umumnya juga telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor, yakni memori dan antarmuka I/O, sedangkan di dalam mikroprosesor umumnya hanya berisi CPU saja.


Simak Video Dibawah Untuk Mengetahui Apa Sebenarnya Yang Ada Didalam Sebuah Chip IC...


Mikroprosesor sendiri hanya memiliki Central Processing Unit didalamnya sedangkan  mikrokontroller merupakan sebuah chip yang sudah memiliki processor seperti ALU, CU, Dan Register.

Perbedaan Antara Mikroprosesor Dan Mikrokontroller ada beberapa macam, yaitu :

1. Memori, terdiri dari beberapa jenis antara lain memori program (Flash Memori) dan memori data (Data Memori). Data memori terdiri dari dua macam : 1. SRAM (sifatnya sementara) 2. EEPROM (sifatnya permanen)
2.Timer/Counter, merupakan bagian yang berfungsi untuk melakukan penjadwalan waktu (timer). Selain itu timer/counter bisa digunakan untuk menggenerate sinyal dengan frekuensi dan periode tertentu.
3. Prosesor, merupakan bagian utama yang fungsinya sudah saya jelaskan diatas.
4. Input Output, merupakan bagian yang terhubung langsung ke perangkat luar. Input output dapat berupa jalur data digital, data analog, ataupun bus komunikasi data (RS232, I2C, SPI)

Demikianlah postingan kali ini tentang perbedaan mikroprosesor dan mikrokontroller, Mudah mudahan postingan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca setia blog saya ini.

Incoming Search
Perbedaan Mikroprosesor dan mikrokontroller,mikrokontroller terbaik daripada mikroprosesor,kelebihan mikroprosesor,kelebihan mikrokontroller daripada mikrokontroller.

Anda Sedang Membaca Artikel Tentang Yang Membedakan Mikroprosesor Dan Mikrokontroller Dan Artikel Ini URL Permalinknya Adalah http://www.simuiz.com/2016/12/yang-memperdakan-mikroprosesor-mikrokontroller.html, Saya Harap Artikel Ini Bisa Bermanfaat Bagi Anda Yang Membacanya.


You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser